Hadziqi Basith
1) Mendahulukan bagian badan kiri (kaki, tangan dan lainnya ) saat masuk toilet.
2) Mendahulukan bagian badan kanan (kaki, tangan dan lainnya ) saat keluar toilet.
3) Menutup kepala (dengan peci, handuk, kerudung atau kain lainnya).


4) Tidak menghadap qiblat atau membelakanginya saat kecing atau berak.
5) Tidak berbicara dalam toilet kecuali saat darurat (seperti lihat ular mau menggigit seseorang, maka hendaknya mengingatkan orang itu).
6) Memakai sandal.
7) Seusai kencing pastikan air kencing tidak keluar lagi (hal ini bisa dengan dehem, ehem..ehem..ehem atau mengurut penis 3 kali secara perlahan sekira merasa air kencingnya telah usai).
8) Baca doa hendak membuka aurot (بسم الله الذي لا إله إلا هو), faidah dari doa ini: supaya jin-jin yang ada dalam toilet tidak melihat aurot kita.
9) Baca doa masuk toilet (بسم الله, اللهم إني أعوذ بك من الخبث والخبائث), faidah dari doa ini: agar terhindar dari gangguan dan was-was syaitan.

10) Ketika istinja' baca doa (اللهم حصن فرجي من الفواحش وطهر قلبي من النفاق), faidah dari doa ini: agar dihindarkan dari sifat munafiq.
11) Baca doa keluar toilet (غفرانك, الحمد لله الذي أذهب عني الأذي وعافاني), faidah dari doa ini: mohon ampun pada Allah ta`ala, sebab lumrahnya saat dalam toilet lupa (ghoflan) pada Allah ta`ala.
12) Dan pula hendaknya tidak kencing atau berak dibawah pohon berbuah, dijalan, ditempat berteduh, dilubang hewan, di air mengalir yang sedikit (kurang dari kadar 60x60 cm persegi), di air diam (meski banyak), dan saat angin kencang.

# bismillah,,,, belajar membiasakan sunnah-sunnah Nabi,,, insyaallah siir Nabi melekat dalam diri. Wallahu a`lam bish showab


Referensi: Facebook
0 Responses

Post a Comment

Ada kritik, saran, atau komentar?